Menelisik Sejarah Desa Purwasaba (2) Peninggalan Bersejarah

Heri Puji Hernowo (Admin) 04 Maret 2016 13:49:36 WIB

Menelisik Sejarah Desa Purwasaba (2) Peninggalan Bersejarah

Purwasaba adalah sebuah desa dikecamatan Mandiraja,kabupaten Banjarnegara,Provinsi Jawa Tengah. Purwasaba memiliki luas wilayah 228.500 Ha dengan jumlah penduduk 7.012 jiwa. dengan potensi wilayah yang strategis dengan diapit 8 desa tetangga dan jumlah penduduk yang cukup besar, sehingga Purwasaba dapat berkembang menjadi desa yang cukup maju.

 

Desa Purwasaba memiliki beberapa peninggalan yang cukup bersejarah, setiap peninggalan pasti memiliki nilai historisnya tersendiri, beberapa diantaranya yaitu :

  1. Pasar Purwasaba

Pasar Purwasaba adalah peninggalan bersejarah paling otentik, yang dimiliki desa Purwasaba sebagai saksi tumbuh kembangnya desa ini dari masa ke masa. Diperkirakan ‘pasar’ Purwasaba sudah ada sebelum masa kademangan Kramayuda.

“Dimungkinkan nama Purwasaba itu sendiri diambil dari kegiatan yang terjadi dipasar ini. Dimana orang-orang dari berbagai wilayah datang berkumpul untuk melakukan transaksi jual beli, dan hal tersebut masih berkelanjutan sampai dengan saat ini.” Purwa;mula-mula mula,Saba;berkumpul.

      2. Tugu Kademangan

Sebuah bangunan yang dipercaya sebagai Tugu Kademangan, yang terletak dibelakang pasar purwasaba. tepatnya diatas tanah yang dimiliki oleh Ibu Tukiyah. Bangunan yang nyaris hancur dan tidak terawat, banyak cerita mistis yang berkembang dimasyarakat berkaitan dengan Tugu tersebut.

      3. Makam Eyang Bau Uda laksana

Sebuah makam dipesarean palamarta yang masih terawat dan diziarahi oleh anak keturunannya, mengingat sangat sedikitnya makam kuno yang masih bisa dijumpai saat ini dikarenakan tidak terawat dan termakan usia. beliau hidup pada kisaran waktu 1900-an. Menguatkan adanya pemerintahan kademangan yang mengatur jalan lancarnya birokrasi setingkat desa pada saat itu.

     4. Pemandian Kalimundu

Pemandian dengan airnya yang jernih yang berada ditengah-tengah areal pesawahan dibelakang kompleks Pondok Pesantren Metal insyaf. Menurut mitos yang beredar sang Demang meninggal di ‘kalimundu’. Namun belum dapat dipastikan apakah yang dimaksud adalah Demang Kramayuda atau Demang yang lain.

 

 

 

Komentar atas Menelisik Sejarah Desa Purwasaba (2) Peninggalan Bersejarah

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

104.4 MHz. FM Radio


Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Streaming Radio Suara Banjarnegara

Layanan Mandiri


Silahkan datang ke Kantor Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergitas Program

Galeri Video

Video Dokumenter SID Banjarnegara

Komentar Terkini

Website Desa Versi Androide

Silahkan klik Gambar untuk unduh Aplikasi Website Desa Versi HP Androide.

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Desa Purwasaba